50 Soal Teks Eksemplum dan Teks Tanggapan Kritis


SOAL TEKS EKSEMPLUM

1.      Pernyataan yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A.  merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku yang memiliki insiden
B.     merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C.     merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D.    merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan informasi.

2.      Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A.    orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B.     orientasi , kalimat topik, deskripsi
C.     orientasi, insiden, interpretasi
D.    orientasi, insiden, kesimpulan

3.      Struktur  yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
A.    kesimpulan
B.     penyelesaian
C.     interpretasi    karena  (Interpretasi, adalah bagian yang menjelaskan tentang pesan moral, evaluasi, dan akibat yang timbul karena tindakan tokoh)
D.    amanat

4.      Struktur  yang berisi tahapan kejadian  dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
A.    insiden
B.     komplikasi
C.     eksposisi
D.    klimaks

5.      “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara

6.      Bel tanda masuk kelas sebentar lagi akan berbunyi.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara

7.      Kiriman barang ini akan disampaikan kepada pemilik secepatnya.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat
B.     kata keterangan waktu
C.     kata keterangan tujuan
D.    kata keterangan cara

8.      Penulisan kata keterangan tempat dan penulisan kalimat yang benar adalah....
A.    Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B.     Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
C.     Nanti malam kami akan belajar kelompok ke rumah Ita.
D.    Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.

9.      Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, perkembangan                   kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya.

Kata hubung antarkalimat yang dipergunakan dalam teks di atas adalah....

A.    kini
B.     dan
C.     dengan demikian
D.    dalam hal ini

10.  Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam teks soal nomor 9 di atas adalah ....
A.    atau, bagi
B.     atau, dan
C.     bagi, baik
D.    baik, atau

11.  Jumlah fungsi predikat (p) dalam kalimat majemuk adalah....
A.    1
B.     lebih dari 1
C.     kurang dari 2
D.    tidak lebih dari 3

 12.  Ayah teman sekolahku seorang dokter bedah di Rumah Sakit Umum Sargito.
Kalimat di atas termasuk kalimat....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat majemuk setara
C.     kalimat majemuk rapatan
D.    kelimat majemuk bertingkat

13.  Manakah yang termasuk kalimat majemuk setara dari kalimat di bawah ini!
A.    Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B.     Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C.     Ia seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D.    Ia seorang perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.

14.  Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang tidak saling mempengaruhi antarbagian kalimat dinamakan....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

15.  Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang  saling mempengaruhi antarbagian kalimat dinamakan....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
 D.    kalimat majemuk bertingkat

16.  Buku paket Bahasa Indonesia Kelas IX berwarna cokelat sedangkan buku paket Bahasa Inggris kelas IX bewarna merah.
Kalimat di atas termasuk kalimat ....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat mejemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

17.  Sewaktu ia pergi ke pasar, adikku sakit,
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.    waktu
B.     pengandaian
C.     syarat
D.    tujuan

18.  Kami melobangi  batu besar  itu dengan cairan yang berbahan kimia.
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk bertingkat hubungan ....
A.    tujuan
B.     pengandaian
C.     alat
D.    hasil


19.  Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi.
Manakah bagian  yang termasuk dalam  induk kalimat dari kalimat majemuk bertingkat di atas?
A.    Jika kita tekun
B.     Jika kita tekun dalam semua kegiatan
C.     Kita pasti akan mendapatkan prestasi
D.    Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi

20.  Manakah kalimat majemuk bertingkat di bawah ini yang didahului oleh bagian anak kalimat?
A.    Kita akan berangkat, jika ia sudah siap.
B.     Ia menjadi pemurung, sejak ayahnya sakit.
C.     Kami selalu berolahraga agar tubuh tetap sehat.
D.    Bilamana hujan mulai turun, desa itu pasti banjir.

21.              Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tahukah kamu maksud pepatah tersebut? Apabila dipahami dan diresapi lebih mendalam, pepatah itu memiliki makna yang bermanfaat untuk kehidupan. Kehidupan manusia penuh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dirinya, baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang tidak menyenangkan.
        Kalimat yang tergolong kalimat tunggal yang terdapat pada paragraf di atas adalah kalimat....
A.    1 dan 3
B.     1 dan 2
C.     2 dan 3
D.    3 dan 4

22.  Peristiwa-peristiwa itu menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.
Kalimat di atas tergolong dalam bentuk kalimat....
A.    kalimat tunggal
B.     kalimat majemuk
C.     kalimat majemuk setara
D.    kalimat majemuk bertingkat

23.              Peristiwa itu memberikan semacam peringatan bagiku. Setiap aku akan mengendarai kendaraan helm selalu kugunakan. Keselamatan dan kesehatan lebih penting dari kecepatan dalam berkendara.
         Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

24.              Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
          Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

25.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari kencang setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
       Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     interpretasi
D.    solusi

26.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya  setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
       Kata keterangan waktu yang digun akan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

27.              Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya  setelah mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan.
         Kata keterangan cara yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

28.              Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit. Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
        Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    5
B.     6
C.     4
D.    3

29.              Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk berlatar hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa yang lewat pasti membacanya. Pesannya jelas dan bermakna. Untaian kalimatnya berbaris rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
     Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan pada kalimat pertama di paragraf di atas kurang tepat. Kata hubung intrakalimat yang tepat adalah....
A.    atau
B.     pada
C.     dengan
D.    sampai

30.              Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk  hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas . Untaian kalimatnya  rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
             Kalimat majemuk bertingkat yang digunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A.    4
B.     5
C.     6
D.    7

31.  Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk  hijau itu. Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas . Untaian kalimatnya  rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
         Antara anak kalimat dengan induk kalimat pada majemuk bertingkat di atas menggunakan hubungan ....
A.    syarat
B.     pengandaian
C.     penyebaban
D. waktu
Toni the Rossi

Suatu sore menjelang malam di pinggiran kota, sebuah sepeda motor melaju sangat kencang. Seorang pemuda tanggung berada di belakang kemudi kuda besi itu. Toni Alamsyah nama pemuda itu. Dia adalah seorang pemuda yang sangat mahir mengendarai motor. Tidak jarang ia mengikuti kejuaraan balap motor amatir dan menyabet juara. Karena kehebatannya, teman-teman Toni memberikan julukan Toni the Rossi padanya.
“Cepat sekali kau datang, Ton,” ujar seorang paman pemilik counter hape, Paman Ijul. Sambil terkekeh, Toni menanggapi Paman Ijul, “Hehehe, gimana tidak cepat? Ada promo diskon hape yang ingin saya beli. Ya langsung ngebut ke sini deh.” Paman Ijul hanya bisa menggeleng. Ia lalu menunjukkan hape terbaru yang ingin dibeli Toni.
Setelah mendapatkan hape yang diinginkan, Toni pamit pulang.  Paman Ijul tidak lupa mengingatkan Toni untuk tidak ngebut di jalan. “Ton, kamu kan sudah dapat hape yang kamu inginkan, jadi kamu jangan ngebut lagi pas pulang. Bahaya, Ton. Apalagi sudah mulai gelap begini,” ujar Paman Ijul. “Ah,  tenang saja Paman. Aku ini kan Toni the Rossi, juara balap empat kali berturut-turut,” ujar Toni sedikit congkak. Paman Ijul menghela nafas, “Haah, terserah kamu deh Ton. Pokonya hati-hati aja.”
Toni pun pulang. Ia melaju dengan kecepatan normal. Namun di tengah jalan, ia berpikir, “Kalau aku sampai lebih cepat, aku punya waktu lebih banyak untuk ngotak-ngatik dan main hape baru. Pasti asyik nih.” Ia pun menambah kecepatan motornya.
Toni melaju dengan kencang. Mobil, motor, bus, dan truk ia balap layaknya balapan di sirkuit. “Hehehe, ini lebih mudah daripada saat bertanding beneran,” pikir Toni sambil terus menambah kecepatan motornya. Ia tampak sangat percaya diri.
Namun, kejadian tak terduga menimpa Toni. Karena hari sudah gelap dan ia melaju dengan kecepatan tinggi, Toni tidak melihat lubang yang ada di depannya. Kecelakaan tunggal tak bisa terelakkan. Toni terpental. Motornya ringsek. Hape barunya pun rusak.
Kisah Toni the Rossi ini dapat menjadi pelajaran bagi kita. Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul karena merasa hebat akhirnya menderita kecelakaan. Andai saja Toni tidak ngembut di jalan, Ia akan sampai di rumah dengan selamat dan dapat menikmati hape baru idamannya. Oleh karena itu, kita harus menuruti nasehat orang yang lebih tua dari kita apabila nasehatnya baik. Kita juga tidak boleh sombong walaupun kita adalah seorang juara.

32. Berikut ini adalah struktur dari teks eksemplum, kecuali . . . .
A. penegasan ulang
B. interpretasi
C. orientasi
D. insiden

33. Insiden yang terdapat pada teks “Toni the Rossi” adalah . . . .
A. Hape baru yang diidam-idamkan Toni sedang diskon.
B. Paman Ijul membuka konter hape hingga malam hari.
C. Toni menjadi juara turnamen amatir empat kali berturut-turut.
D. Toni menderita kecelakaan tunggal karena ngebut saat mengendarai motor.

34. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks Toni the Rossi adalah . . . .
A. Paman Ijul menasehati Toni sebelum Toni pulang.
B. Toni pernah menjuarai turnamen Moto GP.
C. Motor milik Toni adalah motor matic.
D. Toni membeli hape pada siang hari.

35. Kata “melaju” memiliki arti . . . .
A. berlari
B. berputar arah
C. berjalan dengan cepat
D. mundur dengan perlahan

     36. “Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul karena merasa hebat akhirnya menderita kecelakaan.”
Pola kalimat tersebut adalah . . .
A. S-P-O-K
B. S-P-O
C. S-P-K
D. K-S-P
...
Itulah akhir dari kebohongan Dolby si gembala. Karena Dolby kerap berbohong, orang-orang tidak mempercayainya lagi saat ia berbicara benar ( ... ) tak ada yang menolong saat domba-dombanya dimangsa serigala. Agar kita tidak kehilangan kepercayaan orang-orang terdekat kita, kita tidak boleh berbohong seperti Dolby si gembala. Dengan bicara jujur, hubungan kita ( ... ) orang lain akan tetap terjaga dan kita akan selalu dipercaya saat kita berbicara.

           Bacalah teks di bawah ini.
37. Penggalan teks tersebut adalah salah satu struktur teks eksemplum yang disebut . . . .
A. Interpetrasi
B. Orientasi
C. Evaluasi
D. Insiden

38. Antonim dari kata “kerap” adalah . . . .
A. selalu
B. sering
C. jarang
D. pernah

39. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah . . . .
A. Domba Dolby dimangsa harimau.
B. Dolby adalah orang yang tidak jujur.
C. Dolby tidak memiliki domba pada akhir kisah.
D. Tidak ada orang yang menolong Dolby saat ia meminta tolong.

40. Kata hubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah . . . .
A. akan tetapi dan dengan
B. sehingga dan dengan
C. agar dan akan tetapi
D. agar dan namun

    41. Kata “kita” pada teks tersebut merujuk pada . . . .

A. Dolby si gembala
B. Dolby dan penulis
C. penulis dan pembaca
D. teman dan tetangga Dolby

Teks eksemplum berikut untuk soal nomor 42 dan 43.

Bersepeda

  Hobiku bersepeda. Setiap hari Minggu aku dan teman-teman selalu bersepeda. Kami mengelilingi kota. Kegiatan tersebut merupakan pelepas penat yang menyenangkan. Sekali-kali kami memilih berkeliling kota pada malam hari, yaitu hari Sabtu malam atau malam Minggu. Kami mulai dari alun-alun dan akan kembali lagi di alun-alun.

  Aku berada paling depan sebagai pemimpin rombongan. Malam itu aku sangat bersemangat. Tanpa terasa aku mengayuh sepeda terlalu kencang. Padahal, kondisi jalanan agak gelap. Tanpa kuketahui, kondisi jalan di depanku buruk. Banyak lubang di sana sini. Aku pun terperosok, lalu terjatuh. Teman-temanku berusaha menolongku. Peristiwa itu membuatku lebih berhati-hati saat bersepeda. Untunglah aku hanya mengalami luka lecet. 

  Akhirnya, kami dapat kembali di alun-alun dengan selamat. Kemudian,  kami menikmati kopi hangat di sebuah warung kopi tidak jauh dari sana. ..... puas bercengkerama di warung kopi, kami pun pulang ke rumah masing-masing.

42. Konjungsi temporal tepat untuk mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sebelum
B. setelah
C. selagi
D. sejak

43. Kata kami dalam pargaraf pertama mengacu ....
A. frasa aku dan teman-teman
B. kata bersepeda
C. frasa setiap hari Minggu
D. frasa hobiku

44. Sinonim kata bercengkerama dalam teks tersebut adalah ....
A. berkeliling
B. bertamasya
C. bercakap-cakap
D. berjalan-jalan

Teks berikut untuk soal nomor 45 dan 46.

Lalat dan Madu

1) Sebuah stoples madu jatuh terbalik sehingga madu yang manis dan lengket mengalir di meja. 2) Rasa manis dari madu tersebut mengundang sekawanan lalat yang terbang mengitari madu tersebut. Kawanan lalat itu turun untuk memakan madu yang manis. 3) Betapa lengketnya cairan madu itu. 4) Lalat-lalat tersebut dengan cepat terbalut cairan madu dari kaki hingga kepala dan sayap-sayap mereka melengket menjadi satu. 5) Akhirnya, mereka tidak bisa lagi menarik kakinya keluar dari cairan lengket itu, lalu mati.

45. Kalimat ekslamatif terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

46. Interpretasi tepat atas cerita tersebut adalah ....
A. Sikap sombong tidak akan membawa menfaat apa pun.
B. Rasa empati perlu dibina dalam diri setiap orang.
C. Perilaku jujur selalu membawa keberuntungan dalam hidup.
D. Keserakahan dan kerakusan dapat menghancurkan diri sendiri.

Kutipan teks berikut untuk soal nomor 47-48.

Jatuh di Tangga Eskalator

Pada hari Minggu kami sekeluarga jalan-jalan di mal. Kami tiba di mal pukul 10.00. Suasana di mal kala itu masih sepi.

Sudah menjadi kebiasaan jika hari libur kami sekeluarga jalan-jalan. Kebetulan hari itu kami sekeluarga akan ke mal . Ibu akan berbelanja keperluan sehari-hari. Aku juga ingin main di arena permainan. Setelah berbelanja, bisanya kami makan siang di food court.

Pasar swalayan tempat ibu belanja berada di lantai kedua. Oleh karena itu, kami harus naik menggunakan tangga eskalator. Ibu naik terlebih dahulu di tangga eskalator, lalu aku menyusulnya. Tiba-tiba adikku langsung melompat mengikutiku. Padahal, biasanya adik digendong ayah saat menaiki tangga eskalator. Namun, hari itu ia tidak mau digendong ayah. Apa yang terjadi? Ketika melompat adikku hilang keseimbangan. Ia terjatuh. Untung ayah denga sigap menolongnya. Adik menangis ketakutan meskipun sudah dalam gendongan ayah.

....
Sementara ibu berbelanja, ayah, aku, dan adik bermain di arena permainan. Adikku kembali ceria. Ia lupa dengan kejadian yang dialaminya di tangga eskalator tadi .... Ibu selesai berbelanja, kami makan siang bersama.

47. Interpretasi tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah ....
A. Adik terus menangis ketakutan meskipun berada dalam gendongan ayah. Ibu berusaha menghibur adik agar terdiam. Namun, adik tetap saja menangis.
B. Peristiwa tersebut diketahui petugas keamanan. Petugas langsung mematikan tombol eskalator. Eskalator menjadi berhenti.
C. Setelah peristiwa itu, adikku minta digendong ayah. Rupanya ia trauma setelah jatuh di tangga eskalator. Untunglah adikku tidak terluka. Ia hanya terlihat syok atas peristiwa itu.
D. Aku pun berteriak karena adikku terjatuh di tangga eskalator. Orang-orang di mal itu melihat kejadian yang menimpa adikku.

48. Pernyataan tepat sesuai dengan bagian orientasi teks adalah ....
A. Kami sekeluarga terbiasa jalan-jalan pada hari libur.
B. Pada hari Minggu kami sekeluarga pergi ke mal.
C. Kami naik tangga eskalator menuju lantai kedua.
D. Pada pukul 10.00 suasana mal masih sepi.

49. Konjungsi temporal tepat untuk mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sejak                                                     D. setelah
B. sebelum
C. selagi
50.  Bacalah teks berikut!
Pagi tadi, ada sebuah mobil yang diparkir di depan pintu garasi, sehingga menghalangi pintu keluar mobil saya. Saya kira mobil itu milik seseorang yang mengikuti pesta tadi  malam. Saya mengetuk pintu tetangga itu dan menanyakan hal ini kapada mereka, tetapi mereka tidak tahu. Saya bertanya kepada tetangga yang lain, sebelum saya menelpon polisi, dengan harapan polisi dapat menindak pemilik mobil dan menyingkirkannya.

Kutipan teks eksemplum tersebut merupakan bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. insiden
D. interpretasi



SOAL TEKS TANGGAPAN KRITIS
                                                   
1.       Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat.
Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks....
a.       Ulasan
b.      Tanggapan deskriptif
c.       Tanggapan kritis
d.      Eksposisi

2.      Teks di atas termasuk teks tanggapan kritis bagian....
a.      Evaluasi
b.      Deskripsi teks
c.       Penegasan ulang
d.      Refleksi

3.     Ketika mengkritik, kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali ….
a.    Menunjukkan kekurangan karya seni
b.    Menggunakan bahasa berkonotasi negatif
c.    Menawarkan solusi
d.   Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik.
4.      Berikut ini hal yang perlu dilakukan saat menyusun teks tanggapan kritis, kecuali....
a. Menentukan tema
b. Identifikasi masalah
c. Menyusun kalimat tanggapan kritis berdasarkan hasil analisis
            d. Memberikan tanggapan berupa kalimat penegasan terhadap masalah dan tidak      perlu memberikan solusi

5.     Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari ....
         a.    Evaluasi – Deskripsi teks – Penegasan ulang
b.    Orientasi – insiden – interpretasi – koda
c.    Identifikasi – Klasifikasi – Deskripsi bagian
d.   orientasi – komplikasi – resolusi
 6.    Perhatikan kalimat kalimat berikut
(1) tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang yabg hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia yang sedang berlayar dalam kapal wisata
(2)jumlah kematian akibat tsunami yang dipicu gempa bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadia sekurangnya 113
(3)hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penanganan Krisis,Departemen Kesehatan,mujiharto hari Selasa(26/10)
(4)Ia juga memperkirakan bahwa korban bisa lebih banyak lagi
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi struktur evaluasi yang baik adalah
A.1-2-3-4                    B. 2-3-4-1                    C. 3-2-1-4                   D. 2-4-3-1

 7.   Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan kritis adalah
         A. Deskripsi teks         B. Evaluasi      C. Argumentasi         D. Penegasan ulang

8.   Cermati teks berikut!
Menjamurnya televisi swasta berarti kita semakin mudah menikmati hiburan. Di sinilah kita           mesti berhati-hati dalam memilih program yang pas untuk dinikmati. Hendaknya,orang tua juga         memperhatikan anak anaknya dalam memilih acara televisi dengan menjelaskan mana yang baik         dan mana yang buruk untuk ditonton.
     Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah...
            A.televisi swasta semakin menjamur dan mudah dinikmati.
B.orang tua harus mengarahkan anaknya dalam memilih acara televisi
C.acara televisi swasta bervariasi dan pas untuk dinikmati
D.orang tua harus berhati hati

 9.   Yang bukan ciri ciri teks tanggapan kritis adalah...
A.menghadirkan opini penulis secara universal
B.menggunakan proses penilaian yang objektif dan subjektif
C.terdapat pengalaman hidup seseorang
D.menunjukan fakta dan data kualitatif atau kuantitatif

   10.  Menyikapi permasalahan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun,perlu ditelaah lebih lanjut mengenai    kurikulum dari pemerintah yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa  Indonesia.Tidak dapat dipungkiri juga mibat siswa terhadap sastra sangat rendah.
 Cuplikan paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks tanggapan kritis yaitu...
 A.evaluasi           B.deskripsi teks          C.penegasan ulang         D.kesimpulan

11. Salah satu struktur teks tanggapan kritis...
a. Evaluasi
b. kesimpulan
c. deskripsi prosedur
d. langkah kerja

12. Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis....
a. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum
b. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan
c. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan
d. nama sebuah karangan

13. salah satu contoh teks tanggapan kristis...
a. Si pitung di Batavia
b. Nelson Mandela
c. SMA  atau SMK
d. Prosedur pembuatan SIM

14. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis...
a. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
b. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
c. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang. 
d. memuat cerita fiski

15. Penggunaan bahasa Indonesia pada teks tanggapan kritis...
a. kalimat kompleks, konjungsi, kata rujukan, kata hubung.
b. kalimat perintah
c. istilah teknis
d. kalimat sederhana
     16.    Saya ditempatkan diraung khusus agar tidak menularkan virus pada orang lain.
Peristiwa yang dialami tokoh dalam kalimat tersebut adalah ……
a.    kecelakaan                                                               c.  dirampok
     b.    menderita sakit                                                        d.  menjadi korban kecelakaan
17.    Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari ……
      a.    Resume – Deskripsi kelebihan/kekurangan – judgement
      b.    Abstrak – insiden – koda
      c.    abstrak – orientasi – insiden
      d.   orientasi – komplikasi – resolusi
18.    Kritik yang baik adalah kritik yang isinya …
    a.    menutupi segala kekurangan
    b.    mencari kelemahan
    c.    mencari kelebihan
    d.   disampaikan dengan santun dan alasan logis
19.    Contoh kalimat pujian yang tepat adalah ……
    a.    kamu tidak sportip, pantas lawanmu kalah.
    b.    kamu hanya beruntung, prestasi hanya biasa saja.
    c.    kamu layak mendapat juara berkat kerja kerasmu
     d.   sebenarnya prestasimua bagus, kamu hanya butuh penyempurnaan.
20.    Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata baku adalah ……
     a.    Pak Jono mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
     b.    Para pengrajin ukir dijepara mendapat pengarahan
     c.    Saya ingin menjadi anggota Karang Taruna
     d.   Kakak saya saya kuliah di Fakultas Teknik
21.    Ketika mengkritik, kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali …
     a.    Menunjukkan kekurangan karya seni
     b.    Menggunakan bahasa berkonotasi negatip
     c.    Menawarkan solusi
     d.   Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik.
22.    Penggunaan tanda baca yang benar terdapat terdapat pada kalimat …
      a.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola.
      b.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola
     c.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola
      d.   Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola
23.    Siaran televisi mempunyai dampak positip dan negatip bagi pemirsa anak-anak, pelajar, ayau orang tua.
Tanggapan dan kritik yang benar sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …
       a.    Walaupun demikian, televisi dapat dijadikan sarana belajar
       b.    Melalui televisi, setiap pemirsa mendapat pengetahuan yang luas
       c.    Dari berbagai acara televisi yang kurang mendidik dapat memunculkan kenakalan remaja
       d.   Seluruh acara yang ditayangkan melalui televisi menjadi suatu kebanggan
24.    Diantara kalimat berikut ini yang merupakan kalimat majemuk bertingkat pengganti objek adalah …
          a.    Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air ini dari segala noda sampah.
          b.    Beliau mengungkapkan bahwa kita perlu membuat kali-kali tetap bersih.
          c.    Beliau mengharapkan tahun 2006 dijadikan tahun kebersihan.
          d.   Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air dari limbah.
25.    Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut ini!
Film ini kemudian berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang berambisi agar seorang anak bisa terkenal.

Kutipan teks tanggapan kritis tersebut menjelaskan  ……… film.
     a.    kuantitas                                                                  c.  kelebihan
      b.    resume                                                                     d.  keku
26.  Teks yang berisi respon terhadap seuatu situasi/keadaan yang disampaikan dengan data dan fakta yang lengkap. Teks ini didampaikan untuk menyampaikan emosi tertentu terhadap keadaan yang semestinya. Jenis teks ini dikelompokkan dalam tulisan....
A.    teks eksemplum
B.     teks deskriptif
C.     teks tanggapan deskriptif
D.    teks tanggapan kritis

27.  Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A.    orientasi, insiden, penegasan ulang
B.     evaluasi, deskripsi teks, penegasan uaang
C.     evaluasi, insiden, penegasan ulang
D.    orientasi, deskripsi teks, penegasn ulang

28.  Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     deskripsi teks
D.    evaluasi

29.  Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     orientasi
D.    interpretasi

30.  Bagian akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     penegasan ulang
D.    interpretasi

31.  Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus ditulikan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut diampaikan  dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A.    data dan fakta
B.     keterangan
C.     observasi
D.    pemikiran

32.  Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga perlu data
B.     Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C.     Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden
D.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu data

33.  Dalam tks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

34.              Puisi itu sangat indah. Kita tidak hanya kagum pada untaian kata-katanya, tetapi juga terpana dan terkesima pada pesan yang ingin disampaikan penulis. Pilihan kata-katanya sangat bermakna. Alurnya sangat nyata.
Kalimat utama pada pragraf di atas adalah ....
A.    kalimat 1 dan 2
B.     kalimat  1
C.     kalimat 3
D.    kalimat 3 dan 4

35.              Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     orientasi
C.     evaluasi
D.    narasi

36.              Masalah sosialisasi merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul dengan temannya.


Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    narasi

37.              Hal ini berarti game online sangat barbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat bijaksana.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A.    insiden
B.     deskripsi teks
C.     evaluasi
D.    penegasan ulang

38.  Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.
Kalimat “ Saya sependapat dengan hal itu.”  merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain


39.  Kalimat “Tentu pandangan-pandangan itu terbantahkan.” merupakan  jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

40.  Digital Game-Based Learning, menyebut anak-anak berusia 14 tahun ke bawah sebagai ”digital natives”—alias ”penduduk asli” yang menghuni dunia digital ini.
Jenis ungkapan yang dipergunakan dalam paragraf ini merupakan jenis ungkapan ....

A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

41.   Data yang disajikan menunjukkan bahwa kabut asap yang terjadi di Tanjungpandan Belitung ini merupakan kiriman dari daerah lain.
Kalimat ini menggunakan ungkapan ....

A.    Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
B.     Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C.     Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D.    Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

42.  Manakah ungkapan yang menggunakan ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan atau urutan informasi dari kalimat di bawah ini?
A.    Saya setuju dengan pendapat itu, tetapi kajian yang mendalam sangat perlu dilakukan.
B.     Alasan pertama adalah kita belum siap untuk melakukan hal itu.
C.     Para ahli mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.
D.    Saya sependapat dengan hal itu.

43.              Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks ....
A.    teks eksemplum
B.     teks tanggapan kritis
C.     teks cerpen
D.    teks tanggapan deskriptif

44.              Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Dalam teks tanggapan kritis, paragraf ini berada dalam struktur ....
A.    evaluasi
B.     deskripsi teks
C.     penegasan ulang
D.    interpretasi44.  Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A.    orientasi, insiden, penegasan ulang
B.     evaluasi, deskripsi teks, penegasan uaang
C.     evaluasi, insiden, penegasan ulang
D.    orientasi, deskripsi teks, penegasn ulang

45.  Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    orientasi
B.     insiden
C.     deskripsi teks
D.    evaluasi

46.  Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     orientasi
D.    interpretasi

47.  Bagian akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A.    evaluasi
B.     insiden
C.     penegasan ulang
D.    interpretasi

48.  Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus ditulikan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut diampaikan  dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A.    data dan fakta
B.     keterangan
C.     observasi
D.    pemikiran

49.  Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga perlu data
B.     Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C.     Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden
D.    Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu data

50.  Dalam tks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salam Sejahtera

Contoh Soal dan Pembahasan Teks Rekaman Percobaan