50 Soal Teks Eksemplum dan Teks Tanggapan Kritis
SOAL TEKS EKSEMPLUM
1. Pernyataan yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A. merupakan teks cerita yang
mengisahkan seorang tokoh atau pelaku yang memiliki insiden
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada
tokoh.
D. merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk
keperluan informasi.
2. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A. orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B. orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, insiden, interpretasi
D. orientasi, insiden, kesimpulan
3. Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada
bagian ....
A. kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi karena
(Interpretasi, adalah bagian yang menjelaskan
tentang pesan moral, evaluasi, dan akibat yang timbul karena tindakan tokoh)
D. amanat
4. Struktur yang berisi tahapan kejadian dalam teks eksemplum
terdapat pada bagian ....
A. insiden
B. komplikasi
C. eksposisi
D. klimaks
5. “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan
dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. kata keterangan tujuan
D. kata keterangan cara
6. Bel tanda masuk kelas sebentar lagi akan berbunyi.
Jenis kata keterangan yang digunakan
dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. kata keterangan tujuan
D. kata keterangan cara
7. Kiriman barang ini akan disampaikan kepada pemilik secepatnya.
Jenis kata keterangan yang digunakan
dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. kata keterangan tujuan
D. kata keterangan cara
8. Penulisan kata keterangan tempat dan penulisan kalimat yang benar
adalah....
A. Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B. Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
C. Nanti malam kami akan belajar kelompok ke rumah Ita.
D. Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.
9. Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala
kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai
figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak
bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan
orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini orang tua hendaknya
menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya.
Kata hubung antarkalimat yang
dipergunakan dalam teks di atas adalah....
A. kini
B. dan
C. dengan demikian
D. dalam hal ini
10. Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam teks soal nomor 9 di atas
adalah ....
A. atau, bagi
B. atau, dan
C. bagi, baik
D. baik, atau
11. Jumlah fungsi predikat (p) dalam kalimat majemuk adalah....
A. 1
B. lebih dari 1
C. kurang dari 2
D. tidak lebih dari 3
12. Ayah teman sekolahku seorang dokter
bedah di Rumah Sakit Umum Sargito.
Kalimat di atas termasuk kalimat....
A. kalimat tunggal
B. kalimat majemuk setara
C. kalimat majemuk rapatan
D. kelimat majemuk bertingkat
13. Manakah yang termasuk kalimat majemuk setara dari kalimat di bawah ini!
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D. Ia seorang perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.
14. Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang tidak saling mempengaruhi
antarbagian kalimat dinamakan....
A. kalimat tunggal
B. kalimat mejemuk
C. kalimat majemuk setara
D. kalimat majemuk bertingkat
15. Kalimat yang terjadi karena adanya hubungan yang saling mempengaruhi
antarbagian kalimat dinamakan....
A. kalimat tunggal
B. kalimat mejemuk
C. kalimat majemuk setara
D. kalimat majemuk bertingkat
16. Buku paket Bahasa Indonesia Kelas IX berwarna cokelat sedangkan buku paket
Bahasa Inggris kelas IX bewarna merah.
Kalimat di atas termasuk kalimat ....
A. kalimat tunggal
B. kalimat mejemuk
C. kalimat majemuk setara
D. kalimat majemuk bertingkat
17. Sewaktu ia pergi ke pasar, adikku sakit,
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk
bertingkat hubungan ....
A. waktu
B. pengandaian
C. syarat
D. tujuan
18. Kami melobangi batu besar itu dengan cairan yang berbahan
kimia.
Kalimat di atas termasuk kalimat majemuk
bertingkat hubungan ....
A. tujuan
B. pengandaian
C. alat
D. hasil
19. Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi.
Manakah bagian yang termasuk dalam
induk kalimat dari kalimat majemuk bertingkat di atas?
A. Jika kita tekun
B. Jika kita tekun dalam semua kegiatan
C. Kita pasti akan mendapatkan prestasi
D. Jika kita tekun dalam semua kegiatan, kita pasti akan mendapatkan prestasi
20. Manakah kalimat majemuk bertingkat di bawah ini yang didahului oleh bagian
anak kalimat?
A. Kita akan berangkat, jika ia sudah siap.
B. Ia menjadi pemurung, sejak ayahnya sakit.
C. Kami selalu berolahraga agar tubuh tetap sehat.
D. Bilamana hujan mulai turun, desa itu pasti banjir.
21.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tahukah kamu maksud pepatah tersebut?
Apabila dipahami dan diresapi lebih mendalam, pepatah itu memiliki makna yang
bermanfaat untuk kehidupan. Kehidupan manusia penuh dengan peristiwa-peristiwa
yang terjadi pada dirinya, baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa
yang tidak menyenangkan.
Kalimat yang tergolong
kalimat tunggal yang terdapat pada paragraf di atas adalah kalimat....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 2
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
22. Peristiwa-peristiwa itu menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.
Kalimat di atas tergolong dalam bentuk
kalimat....
A. kalimat tunggal
B. kalimat majemuk
C. kalimat majemuk setara
D. kalimat majemuk bertingkat
23.
Peristiwa itu memberikan semacam peringatan bagiku. Setiap aku akan mengendarai
kendaraan helm selalu kugunakan. Keselamatan dan kesehatan lebih penting dari
kecepatan dalam berkendara.
Paragraf di atas dalam
teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. solusi
24. Untuk
kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai
memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit.
Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi
normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Paragraf di atas dalam
teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. solusi
25. Setelah
lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari
sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari kencang setelah
mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai
hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang
bukan penyuka hewan piaraan.
Paragraf di atas dalam teks eksemplum
termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. solusi
26. Setelah
lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari
sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya setelah
mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak
menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia
memang bukan penyuka hewan piaraan.
Kata keterangan waktu yang digun akan dalam paragraf di atas terdapat
pada kalimat....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
27. Setelah
lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari
sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari secepatnya setelah
mengetahui sumber suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak
menyukai hewan piaraan itu. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia
memang bukan penyuka hewan piaraan.
Kata keterangan cara yang digunakan
dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
28. Untuk
kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya mulai
memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit.
Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi
normal ia pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Kata hubung intrakalimat yang
dipergunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A. 5
B. 6
C. 4
D. 3
29. Lima
meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk berlatar hijau itu. Tulisannya
besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa yang lewat pasti membacanya. Pesannya
jelas dan bermakna. Untaian kalimatnya berbaris rapi. “Jika ingin jadi siswa
berkualitas, pimpinlah diri sendiri”.
Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan pada kalimat pertama di paragraf
di atas kurang tepat. Kata hubung intrakalimat yang tepat adalah....
A. atau
B. pada
C. dengan
D. sampai
30. Lima
meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk hijau itu. Tulisannya
besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya jelas .
Untaian kalimatnya rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas, pimpinlah
diri sendiri”.
Kalimat majemuk
bertingkat yang digunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat....
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
31. Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk hijau itu.
Tulisannya besar. Kalimatnya jelas. Setiap siswa ya pasti membacanya. Pesannya
jelas . Untaian kalimatnya rapi. “Jika ingin jadi siswa berkualitas,
pimpinlah diri sendiri”.
Antara anak kalimat
dengan induk kalimat pada majemuk bertingkat di atas menggunakan hubungan ....
A. syarat
B. pengandaian
C. penyebaban
D. waktu
|
Toni the Rossi
Suatu sore menjelang malam di pinggiran kota,
sebuah sepeda motor melaju sangat kencang. Seorang pemuda tanggung berada di
belakang kemudi kuda besi itu. Toni Alamsyah nama pemuda itu. Dia adalah
seorang pemuda yang sangat mahir mengendarai motor. Tidak jarang ia mengikuti
kejuaraan balap motor amatir dan menyabet juara. Karena kehebatannya,
teman-teman Toni memberikan julukan Toni the Rossi padanya.
“Cepat sekali kau datang, Ton,” ujar seorang paman
pemilik counter hape, Paman Ijul. Sambil terkekeh, Toni menanggapi Paman
Ijul, “Hehehe, gimana tidak cepat? Ada promo diskon hape yang ingin
saya beli. Ya langsung ngebut ke sini deh.” Paman Ijul hanya bisa menggeleng.
Ia lalu menunjukkan hape terbaru yang ingin dibeli Toni.
Setelah mendapatkan hape yang diinginkan, Toni pamit
pulang. Paman Ijul tidak lupa mengingatkan Toni untuk tidak ngebut di
jalan. “Ton, kamu kan sudah dapat hape yang kamu inginkan, jadi
kamu jangan ngebut lagi pas pulang. Bahaya, Ton. Apalagi sudah mulai gelap
begini,” ujar Paman Ijul. “Ah, tenang saja Paman. Aku
ini kan Toni the Rossi, juara balap empat kali berturut-turut,”
ujar Toni sedikit congkak. Paman Ijul menghela nafas, “Haah, terserah kamu
deh Ton. Pokonya hati-hati aja.”
Toni pun pulang. Ia melaju dengan kecepatan normal.
Namun di tengah jalan, ia berpikir, “Kalau aku sampai lebih cepat, aku punya
waktu lebih banyak untuk ngotak-ngatik dan main hape baru. Pasti asyik nih.”
Ia pun menambah kecepatan motornya.
Toni melaju dengan kencang. Mobil, motor, bus, dan
truk ia balap layaknya balapan di sirkuit. “Hehehe, ini lebih mudah daripada
saat bertanding beneran,” pikir Toni sambil terus menambah kecepatan
motornya. Ia tampak sangat percaya diri.
Namun, kejadian tak terduga menimpa Toni. Karena
hari sudah gelap dan ia melaju dengan kecepatan tinggi, Toni tidak melihat
lubang yang ada di depannya. Kecelakaan tunggal tak bisa terelakkan. Toni
terpental. Motornya ringsek. Hape barunya pun rusak.
Kisah Toni the Rossi ini dapat menjadi pelajaran
bagi kita. Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul karena merasa
hebat akhirnya menderita kecelakaan. Andai saja Toni tidak ngembut di jalan,
Ia akan sampai di rumah dengan selamat dan dapat menikmati hape baru
idamannya. Oleh karena itu, kita harus menuruti nasehat orang yang lebih tua
dari kita apabila nasehatnya baik. Kita juga tidak boleh sombong walaupun
kita adalah seorang juara.
|
32. Berikut ini
adalah struktur dari teks eksemplum, kecuali . . . .
A. penegasan ulang
B. interpretasi
C. orientasi
D. insiden
33. Insiden yang
terdapat pada teks “Toni the Rossi” adalah . . . .
A. Hape baru yang diidam-idamkan Toni sedang diskon.
B. Paman Ijul membuka konter hape hingga malam hari.
C. Toni menjadi juara turnamen amatir empat kali
berturut-turut.
D. Toni menderita kecelakaan tunggal karena ngebut
saat mengendarai motor.
34. Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks Toni the Rossi adalah . . . .
A. Paman Ijul menasehati Toni sebelum Toni pulang.
B. Toni pernah menjuarai turnamen Moto GP.
C. Motor milik Toni adalah motor matic.
D. Toni membeli hape pada siang hari.
35. Kata “melaju”
memiliki arti . . . .
A. berlari
B. berputar arah
C. berjalan dengan cepat
D. mundur dengan perlahan
36. “Toni
yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul karena merasa hebat akhirnya
menderita kecelakaan.”
Pola kalimat tersebut adalah . . .
A. S-P-O-K
B. S-P-O
C. S-P-K
D. K-S-P
|
...
Itulah akhir dari kebohongan Dolby si gembala.
Karena Dolby kerap berbohong, orang-orang tidak mempercayainya lagi saat ia
berbicara benar ( ... ) tak ada yang menolong saat domba-dombanya dimangsa
serigala. Agar kita tidak kehilangan kepercayaan orang-orang terdekat kita,
kita tidak boleh berbohong seperti Dolby si gembala. Dengan bicara jujur,
hubungan kita ( ... ) orang lain akan tetap terjaga dan kita akan selalu
dipercaya saat kita berbicara.
|
Bacalah teks di bawah ini.
37. Penggalan teks
tersebut adalah salah satu struktur teks eksemplum yang disebut . . . .
A. Interpetrasi
B. Orientasi
C. Evaluasi
D. Insiden
38. Antonim dari
kata “kerap” adalah . . . .
A. selalu
B. sering
C. jarang
D. pernah
39. Pernyataan
yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah . . . .
A. Domba Dolby dimangsa harimau.
B. Dolby adalah orang yang tidak jujur.
C. Dolby tidak memiliki domba pada akhir kisah.
D. Tidak ada orang yang menolong Dolby saat ia meminta
tolong.
40. Kata hubung yang tepat untuk mengisi bagian yang
rumpang pada teks tersebut adalah . . . .
A. akan tetapi dan dengan
B. sehingga dan dengan
C. agar dan akan tetapi
D. agar dan namun
41. Kata “kita” pada teks tersebut merujuk
pada . . . .
A. Dolby si gembala
B. Dolby dan penulis
C. penulis dan pembaca
D. teman dan tetangga Dolby
Teks eksemplum berikut untuk soal nomor
42 dan 43.
Bersepeda
Hobiku
bersepeda. Setiap hari Minggu aku dan teman-teman selalu bersepeda. Kami
mengelilingi kota. Kegiatan tersebut merupakan pelepas penat yang menyenangkan.
Sekali-kali kami memilih berkeliling kota pada malam hari, yaitu hari Sabtu
malam atau malam Minggu. Kami mulai dari alun-alun dan akan kembali lagi di
alun-alun.
Aku
berada paling depan sebagai pemimpin rombongan. Malam itu aku sangat
bersemangat. Tanpa terasa aku mengayuh sepeda terlalu kencang. Padahal, kondisi
jalanan agak gelap. Tanpa kuketahui, kondisi jalan di depanku buruk. Banyak
lubang di sana sini. Aku pun terperosok, lalu terjatuh. Teman-temanku berusaha
menolongku. Peristiwa itu membuatku lebih berhati-hati saat bersepeda.
Untunglah aku hanya mengalami luka lecet.
Akhirnya,
kami dapat kembali di alun-alun dengan selamat. Kemudian, kami menikmati
kopi hangat di sebuah warung kopi tidak jauh dari sana. ..... puas bercengkerama
di warung kopi, kami pun pulang ke rumah masing-masing.
42. Konjungsi temporal tepat untuk
mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sebelum
B. setelah
C. selagi
D. sejak
43. Kata kami dalam
pargaraf pertama mengacu ....
A. frasa aku dan teman-teman
B. kata bersepeda
C. frasa setiap hari Minggu
D. frasa hobiku
44. Sinonim kata bercengkerama dalam
teks tersebut adalah ....
A. berkeliling
B. bertamasya
C. bercakap-cakap
D. berjalan-jalan
Teks berikut untuk soal nomor 45 dan 46.
Lalat dan Madu
1) Sebuah stoples madu jatuh terbalik
sehingga madu yang manis dan lengket mengalir di meja. 2) Rasa manis dari madu
tersebut mengundang sekawanan lalat yang terbang mengitari madu tersebut.
Kawanan lalat itu turun untuk memakan madu yang manis. 3) Betapa lengketnya
cairan madu itu. 4) Lalat-lalat tersebut dengan cepat terbalut cairan madu dari
kaki hingga kepala dan sayap-sayap mereka melengket menjadi satu. 5) Akhirnya,
mereka tidak bisa lagi menarik kakinya keluar dari cairan lengket itu, lalu
mati.
45. Kalimat ekslamatif terdapat pada
nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
46. Interpretasi tepat atas cerita
tersebut adalah ....
A. Sikap sombong tidak akan membawa
menfaat apa pun.
B. Rasa empati perlu dibina dalam diri
setiap orang.
C. Perilaku jujur selalu membawa
keberuntungan dalam hidup.
D. Keserakahan dan kerakusan dapat
menghancurkan diri sendiri.
Kutipan teks berikut untuk soal nomor 47-48.
Jatuh di Tangga Eskalator
Pada hari Minggu kami sekeluarga
jalan-jalan di mal. Kami tiba di mal pukul 10.00. Suasana di mal kala itu masih
sepi.
Sudah menjadi kebiasaan jika hari libur
kami sekeluarga jalan-jalan. Kebetulan hari itu kami sekeluarga akan ke mal .
Ibu akan berbelanja keperluan sehari-hari. Aku juga ingin main di arena
permainan. Setelah berbelanja, bisanya kami makan siang di food court.
Pasar swalayan tempat ibu belanja berada
di lantai kedua. Oleh karena itu, kami harus naik menggunakan tangga eskalator.
Ibu naik terlebih dahulu di tangga eskalator, lalu aku menyusulnya. Tiba-tiba
adikku langsung melompat mengikutiku. Padahal, biasanya adik digendong ayah
saat menaiki tangga eskalator. Namun, hari itu ia tidak mau digendong ayah. Apa
yang terjadi? Ketika melompat adikku hilang keseimbangan. Ia terjatuh. Untung
ayah denga sigap menolongnya. Adik menangis ketakutan meskipun sudah dalam
gendongan ayah.
....
Sementara ibu berbelanja, ayah, aku, dan
adik bermain di arena permainan. Adikku kembali ceria. Ia lupa dengan kejadian
yang dialaminya di tangga eskalator tadi .... Ibu selesai berbelanja, kami
makan siang bersama.
47. Interpretasi tepat untuk mengisi
bagian rumpang tersebut adalah ....
A. Adik terus menangis ketakutan
meskipun berada dalam gendongan ayah. Ibu berusaha menghibur adik agar terdiam.
Namun, adik tetap saja menangis.
B. Peristiwa tersebut diketahui petugas
keamanan. Petugas langsung mematikan tombol eskalator. Eskalator menjadi
berhenti.
C. Setelah peristiwa itu, adikku minta
digendong ayah. Rupanya ia trauma setelah jatuh di tangga eskalator. Untunglah
adikku tidak terluka. Ia hanya terlihat syok atas peristiwa itu.
D. Aku pun berteriak karena adikku
terjatuh di tangga eskalator. Orang-orang di mal itu melihat kejadian yang
menimpa adikku.
48. Pernyataan tepat sesuai dengan
bagian orientasi teks adalah ....
A. Kami sekeluarga terbiasa jalan-jalan
pada hari libur.
B. Pada hari Minggu kami sekeluarga
pergi ke mal.
C. Kami naik tangga eskalator menuju
lantai kedua.
D. Pada pukul 10.00 suasana mal masih
sepi.
49. Konjungsi temporal tepat untuk
mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sejak D.
setelah
B. sebelum
C. selagi
50. Bacalah teks berikut!
Pagi tadi, ada sebuah mobil yang diparkir di depan pintu garasi, sehingga menghalangi pintu keluar mobil saya. Saya kira mobil itu milik seseorang yang mengikuti pesta tadi malam. Saya mengetuk pintu tetangga itu dan menanyakan hal ini kapada mereka, tetapi mereka tidak tahu. Saya bertanya kepada tetangga yang lain, sebelum saya menelpon polisi, dengan harapan polisi dapat menindak pemilik mobil dan menyingkirkannya.
Kutipan teks eksemplum tersebut merupakan bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. insiden
D. interpretasi
Pagi tadi, ada sebuah mobil yang diparkir di depan pintu garasi, sehingga menghalangi pintu keluar mobil saya. Saya kira mobil itu milik seseorang yang mengikuti pesta tadi malam. Saya mengetuk pintu tetangga itu dan menanyakan hal ini kapada mereka, tetapi mereka tidak tahu. Saya bertanya kepada tetangga yang lain, sebelum saya menelpon polisi, dengan harapan polisi dapat menindak pemilik mobil dan menyingkirkannya.
Kutipan teks eksemplum tersebut merupakan bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. insiden
D. interpretasi
SOAL
TEKS
TANGGAPAN KRITIS
1. Di
Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh,
peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri.
Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki
layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih
murah karena lokasinya dekat.
Dilihat
dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks....
a. Ulasan
b. Tanggapan
deskriptif
c. Tanggapan kritis
d. Eksposisi
2. Teks
di atas termasuk teks tanggapan kritis bagian....
a. Evaluasi
b. Deskripsi
teks
c. Penegasan
ulang
d. Refleksi
3. Ketika mengkritik,
kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali ….
a. Menunjukkan
kekurangan karya seni
b. Menggunakan bahasa berkonotasi negatif
c. Menawarkan
solusi
d. Tidak
bermaksud menjatuhkan nama baik.
4. Berikut
ini hal yang perlu dilakukan saat menyusun teks tanggapan kritis, kecuali....
a. Menentukan tema
b. Identifikasi
masalah
c. Menyusun kalimat
tanggapan kritis berdasarkan hasil analisis
d. Memberikan tanggapan berupa
kalimat penegasan terhadap masalah dan tidak perlu memberikan solusi
5. Struktur
teks tanggapan kritis terdiri dari ....
a. Evaluasi – Deskripsi teks – Penegasan ulang
b. Orientasi
– insiden – interpretasi – koda
c. Identifikasi
– Klasifikasi – Deskripsi bagian
d. orientasi
– komplikasi – resolusi
6.
Perhatikan kalimat kalimat berikut
(1) tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang
yabg hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia yang sedang berlayar dalam
kapal wisata
(2)jumlah kematian akibat tsunami yang dipicu gempa
bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadia sekurangnya 113
(3)hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penanganan
Krisis,Departemen Kesehatan,mujiharto hari Selasa(26/10)
(4)Ia juga memperkirakan bahwa korban bisa lebih
banyak lagi
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi struktur
evaluasi yang baik adalah
A.1-2-3-4 B. 2-3-4-1
C. 3-2-1-4
D. 2-4-3-1
7. Yang tidak termasuk struktur teks
tanggapan kritis adalah
A.
Deskripsi teks B. Evaluasi
C.
Argumentasi D. Penegasan
ulang
8. Cermati teks berikut!
Menjamurnya televisi swasta berarti kita semakin mudah
menikmati hiburan. Di sinilah kita mesti
berhati-hati dalam memilih program yang pas untuk dinikmati. Hendaknya,orang
tua juga memperhatikan anak anaknya dalam memilih
acara televisi dengan menjelaskan mana yang baik
dan mana yang buruk untuk ditonton.
Tanggapan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut adalah...
A.televisi
swasta semakin menjamur dan mudah dinikmati.
B.orang tua harus
mengarahkan anaknya dalam memilih acara televisi
C.acara televisi swasta bervariasi dan pas untuk
dinikmati
D.orang tua harus berhati hati
9. Yang bukan ciri ciri teks tanggapan
kritis adalah...
A.menghadirkan opini penulis secara universal
B.menggunakan proses penilaian yang objektif dan
subjektif
C.terdapat pengalaman hidup
seseorang
D.menunjukan fakta dan data kualitatif atau
kuantitatif
10.
Menyikapi permasalahan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab
atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun,perlu
ditelaah lebih lanjut mengenai kurikulum dari pemerintah yang
hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Tidak
dapat dipungkiri juga mibat siswa terhadap sastra sangat rendah.
Cuplikan paragraf di atas merupakan salah satu
struktur teks tanggapan kritis yaitu...
A.evaluasi
B.deskripsi teks C.penegasan ulang
D.kesimpulan
11. Salah satu struktur teks tanggapan kritis...
a. Evaluasi
b. kesimpulan
c. deskripsi prosedur
d. langkah kerja
12. Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis....
a. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum
b. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan
c. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan
d. nama sebuah karangan
13. salah satu contoh teks tanggapan kristis...
a. Si pitung di Batavia
b. Nelson Mandela
c. SMA atau SMK
d. Prosedur pembuatan SIM
14. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis...
a. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
b. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
c. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang.
d. memuat cerita fiski
15. Penggunaan bahasa Indonesia pada teks tanggapan kritis...
a. kalimat kompleks, konjungsi, kata rujukan, kata hubung.
b. kalimat perintah
c. istilah teknis
d. kalimat sederhana
a. Evaluasi
b. kesimpulan
c. deskripsi prosedur
d. langkah kerja
12. Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis....
a. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum
b. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan
c. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan
d. nama sebuah karangan
13. salah satu contoh teks tanggapan kristis...
a. Si pitung di Batavia
b. Nelson Mandela
c. SMA atau SMK
d. Prosedur pembuatan SIM
14. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis...
a. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
b. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
c. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang.
d. memuat cerita fiski
15. Penggunaan bahasa Indonesia pada teks tanggapan kritis...
a. kalimat kompleks, konjungsi, kata rujukan, kata hubung.
b. kalimat perintah
c. istilah teknis
d. kalimat sederhana
16. Saya
ditempatkan diraung khusus agar tidak menularkan virus pada orang lain.
Peristiwa yang dialami
tokoh dalam kalimat tersebut adalah ……
a. kecelakaan c. dirampok
b. menderita
sakit d. menjadi korban kecelakaan
17. Struktur teks
tanggapan kritis terdiri dari ……
a. Resume
– Deskripsi kelebihan/kekurangan – judgement
b. Abstrak
– insiden – koda
c. abstrak
– orientasi – insiden
d. orientasi
– komplikasi – resolusi
18. Kritik yang baik
adalah kritik yang isinya …
a. menutupi
segala kekurangan
b. mencari
kelemahan
c. mencari
kelebihan
d. disampaikan
dengan santun dan alasan logis
19. Contoh kalimat
pujian yang tepat adalah ……
a. kamu
tidak sportip, pantas lawanmu kalah.
b. kamu
hanya beruntung, prestasi hanya biasa saja.
c. kamu
layak mendapat juara berkat kerja kerasmu
d. sebenarnya
prestasimua bagus, kamu hanya butuh penyempurnaan.
20. Kalimat berikut
yang tidak menggunakan kata baku adalah ……
a. Pak
Jono mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b. Para
pengrajin ukir dijepara mendapat pengarahan
c. Saya
ingin menjadi anggota Karang Taruna
d. Kakak
saya saya kuliah di Fakultas Teknik
21. Ketika mengkritik,
kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali …
a. Menunjukkan
kekurangan karya seni
b. Menggunakan
bahasa berkonotasi negatip
c. Menawarkan
solusi
d. Tidak
bermaksud menjatuhkan nama baik.
22. Penggunaan tanda
baca yang benar terdapat terdapat pada kalimat …
a. Kakak
membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola.
b. Kakak
membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola
c. Kakak
membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola
d. Kakak
membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola
23. Siaran televisi
mempunyai dampak positip dan negatip bagi pemirsa anak-anak, pelajar, ayau
orang tua.
Tanggapan dan kritik
yang benar sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …
a. Walaupun
demikian, televisi dapat dijadikan sarana belajar
b. Melalui
televisi, setiap pemirsa mendapat pengetahuan yang luas
c. Dari
berbagai acara televisi yang kurang mendidik dapat memunculkan kenakalan remaja
d. Seluruh
acara yang ditayangkan melalui televisi menjadi suatu kebanggan
24. Diantara kalimat
berikut ini yang merupakan kalimat majemuk bertingkat pengganti objek adalah …
a. Kepala
Negara mengajak membersihkan tanah air ini dari segala noda sampah.
b. Beliau
mengungkapkan bahwa kita perlu membuat kali-kali tetap bersih.
c. Beliau
mengharapkan tahun 2006 dijadikan tahun kebersihan.
d. Kepala
Negara mengajak membersihkan tanah air dari limbah.
25. Cermati kutipan
teks tanggapan kritis berikut ini!
Film ini kemudian
berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan
sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha
menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang
berambisi agar seorang anak bisa terkenal.
Kutipan teks tanggapan
kritis tersebut menjelaskan ………
film.
a. kuantitas c. kelebihan
b. resume d. keku
26. Teks yang berisi respon terhadap seuatu situasi/keadaan yang disampaikan
dengan data dan fakta yang lengkap. Teks ini didampaikan untuk menyampaikan
emosi tertentu terhadap keadaan yang semestinya. Jenis teks ini dikelompokkan
dalam tulisan....
A. teks eksemplum
B. teks deskriptif
C. teks tanggapan deskriptif
D. teks tanggapan kritis
27. Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A. orientasi, insiden, penegasan ulang
B. evaluasi, deskripsi teks, penegasan uaang
C. evaluasi, insiden, penegasan ulang
D. orientasi, deskripsi teks, penegasn ulang
28. Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung
pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan
bagian ....
A. orientasi
B. insiden
C. deskripsi teks
D. evaluasi
29. Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang
disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A. evaluasi
B. insiden
C. orientasi
D. interpretasi
30. Bagian akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah
dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A. evaluasi
B. insiden
C. penegasan ulang
D. interpretasi
31. Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan
utama. Faktor ini harus ditulikan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan
tersebut diampaikan dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A. data dan fakta
B. keterangan
C. observasi
D. pemikiran
32. Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi
isinya adalah....
A. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat
ilmiah hingga perlu data
B. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat
naratif
C. Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali
dengan insiden
D. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat
ilmiah tidak perlu data
33. Dalam tks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan
logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan atauran yang
benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
34. Puisi
itu sangat indah. Kita tidak hanya kagum pada untaian kata-katanya, tetapi juga
terpana dan terkesima pada pesan yang ingin disampaikan penulis. Pilihan
kata-katanya sangat bermakna. Alurnya sangat nyata.
Kalimat utama pada pragraf di atas
adalah ....
A. kalimat 1 dan 2
B. kalimat 1
C. kalimat 3
D. kalimat 3 dan 4
35. Menurut
penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain
dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State
University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan
main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan
kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A. insiden
B. orientasi
C. evaluasi
D. narasi
36. Masalah
sosialisasi merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak
menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja
bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul
dengan temannya.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan
kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A. insiden
B. deskripsi teks
C. evaluasi
D. narasi
37. Hal ini
berarti game online sangat barbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu
menyikapinya dengan sangat bijaksana.
Paragraf di atas dalam teks tanggapan
kritis merupakan bagaian dari struktur teks berupa....
A. insiden
B. deskripsi teks
C. evaluasi
D. penegasan ulang
38. Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan
kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan
melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk
menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.
Kalimat “ Saya sependapat dengan hal
itu.” merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk ....
A. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau
pelempar gagasan
B. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
39. Kalimat “Tentu pandangan-pandangan itu terbantahkan.” merupakan jenis
ungkapan yang berfungsi untuk ....
A. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau
pelempar gagasan
B. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
40. Digital Game-Based Learning, menyebut anak-anak berusia 14 tahun ke bawah
sebagai ”digital natives”—alias ”penduduk asli” yang menghuni dunia digital
ini.
Jenis ungkapan yang dipergunakan dalam paragraf ini merupakan jenis ungkapan ....
Jenis ungkapan yang dipergunakan dalam paragraf ini merupakan jenis ungkapan ....
A. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau
pelempar gagasan
B. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
41. Data yang disajikan menunjukkan bahwa kabut asap yang terjadi di
Tanjungpandan Belitung ini merupakan kiriman dari daerah lain.
Kalimat ini menggunakan ungkapan ....
A. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau
pelempar gagasan
B. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
C. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
D. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
42. Manakah ungkapan yang menggunakan ungkapan tanggapan yang menggunakan kata
bilangan atau urutan informasi dari kalimat di bawah ini?
A. Saya setuju dengan pendapat itu, tetapi kajian yang mendalam sangat perlu
dilakukan.
B. Alasan pertama adalah kita belum siap untuk melakukan hal itu.
C. Para ahli mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.
D. Saya sependapat dengan hal itu.
43. Pendapat
yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang
disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang
dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara
akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang
diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara
berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan
hobi anak-anak dan remaja kita.
Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya
merupakan bagian dari teks ....
A. teks eksemplum
B. teks tanggapan kritis
C. teks cerpen
D. teks tanggapan deskriptif
44. Untuk
itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban
belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan
internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran
hobi yang positif perlu terus didukung.
Dalam teks tanggapan kritis, paragraf
ini berada dalam struktur ....
A. evaluasi
B. deskripsi teks
C. penegasan ulang
D. interpretasi44. Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....
A. orientasi,
insiden, penegasan ulang
B. evaluasi,
deskripsi teks, penegasan uaang
C. evaluasi,
insiden, penegasan ulang
D. orientasi,
deskripsi teks, penegasn ulang
45. Bagian tengah teks yang
berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak
pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A. orientasi
B. insiden
C. deskripsi
teks
D. evaluasi
46. Bagian awal teks yang
berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam
teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A. evaluasi
B. insiden
C. orientasi
D. interpretasi
47. Bagian akhir teks yang
bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam
teks tanggapan kritis merupakan bagian ....
A. evaluasi
B. insiden
C. penegasan
ulang
D. interpretasi
48. Untuk meyakinkan pembaca
dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus ditulikan
dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut diampaikan dengan cara
yang ilmiah. Faktor tersebut adalah....
A. data dan fakta
B. keterangan
C. observasi
D. pemikiran
49. Perbedaan antara teks
eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah....
A. Teks eksemplum
bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga
perlu data
B. Teks
eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif
C. Teks
eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan
insiden
D. Teks eksemplum
bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu
data
50. Dalam tks tanggapan kritis terdapat
paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam
setiap paragraf disusun dengan atauran yang benar. Berapa kalimat utama yang
seharusnya ada dalam satu paragaraf?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Komentar
Posting Komentar